Aktivitas



Q : Sudah berapa (Rp) Technopreneur yang dihasilkan...???
A :  Rp 25.000,00 dengan penjualan 1 tutorial MJENI

Q : Apa saja yg sudah diajarkan....???, Bagaimana hasilnya...???
A. materi yang diajarkan tentang Jaringan LAN, MAN, dan WAN serta pengenalan internet. Materi ini sesuai dengan yang telah diprogramkan oleh SMP N 2Ciparay ( tempat kami magang ). Tapi karena tujuan utama kami adalah untuk mengembangkan materi Mobile game, 3D blender dan E-learning maka kami mencoba untuk mengusulkan nya pada guru mata TIK, dan alhamdulillah mereka menyanggupinya. alhasil jadilah kami mengajarkan materi MJENI pada minggu ke 2 magang.

Q :  Bagaimana tanggapan pihak sekolah selama magang berlangsung...???
A :  Pihak sekolah sangat mendukung kegiatan magang ini, terutama guru TIK, kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Beliau selalu berupaya membantu menyediakan jam dan media untuk kami sehingga kami bisa memberikan materi dengan lancar.

Q : Seberapa berperannya program magang ini buat sekolah2 ditempat kalian magang..??
A : Kegiatan magang ini cukup berperan untuk sekolah, karena dengan adanya kegiatan ini memberikan nilai tambah bagi siswa khususnya dan juga bagi guru. Dengan kegiatan ini siswa bisa mendapatkan materi tambahan di luar materi yang sudah diprogramkan oleh lembaga pendidikan

Q :  Bagaimana antusias para siswa/siswa atau guru2 yang diajarkan selama mengikuti proses magang ini...??
A :  Untuk siswa, mereka sangat antusias untuk bisa ikut pada materi yang kami berikan (karena tidak semua siswa dapat mengikutinya, per lokal dipilih 5 orang) terutama materi MJENI, karena saking penasarannya mereka untuk mengetahui bagaimana untuk membuat sebuah game mobile. Guru - guru pun tak mau ketinggalan, demi bisa mengikuti pembelajaran yang kami berikan mereka rela untuk  menenteng laptop pribadi mereka ke sekolah, karena pada minggu pertama kami magang komputer belum tersedia.

Q : Bagaimana cara kalian mengatasi keterbatasan2 yang ada dalam proses magang ini..??
A : Saat menjalani program magang ini kami menemui begitu banyak keterbatasan - keterbatasan terutama dalam media pembelajaran. Karena kami mengajarkan materi MJENI, tentu pembelajarannya membutuhkan sebuah proyektor sehingga penyampaian bisa lebih efisien, tapi sekolah tidak mempunyai media tersebut. Yach...!!! terpaksalah kami menyampaikan materi MJENI dengan menuliskan coding sepotong - sepotong di whiteboard sambil menjelaskannya.

Q : Adakah satu tim/ kelompok yang tidak berperan dalam kegiatan KBM dalam proses magang...???
A : dalam tim/kelompok kami semua anggota berperan serta dalam kegiatan KBM, setidaknya ada yang membantu membimbing siswa untuk mengikuti keterangan dari pemberi materi

Q : Dalam proses magang, siasat/ strategi apa yang kalian terapkan dalam proses magang terutama dalam pengajaran kepada para siswa/siswi...???
A : Strategi yang kami gunakan untuk pertama kali kami menumbuhkan rasa ingin tahu di hati para siswa tentang materi yang telah diprogramkan. Dan ternyata semua itu membuahkan hasil yang memuaskan untuk materi game.

Q : Materi pengajaran apa saja yang disenangi selama proses magang....????
A : MJENI

Q : Berapa produk/ materi yang terselesaikan...??
A : 1 Produk MJENI

Q : Menurut kalian apakah program magang ini bermanfaat/ berguna untuk khalayak ramai baik untuk para sekolah, guru dan para siswa yang diajarkan...??
A : Cukup bermanfaat terutama bagi guru, karena kami sempat memperkenalkan materi E-Learning kepada para guru.

Q :  Apakah kalian mendapatkan ilmu yang baru..?? Sebutkan.
 A : Tentu saja........ ilmu yang paling berharga yang kami dapatkan adalah ilmu tentang kesabaran menghadapi para siswa

Q : Bagaimana cara kalian menyiasati materi yang belum kalian ketahui dan temukan jawaban pada saat pelaksanaan magang di sekolah2..???
A : bertanya kepada teman yang mengetahui, bisa lewat telpon, chating atau bertemu langsung